Meningkatkan Kemampuan Dengan Belajar

 

Belajar adalah bagian dari kehidupan. setiap manusia berakal adalah pembelajar potensial, cakap dalam bertumbuh dan selalu tertarik dengan pengalaman dan pengetahuan baru. dengan belajar, setiap beradaptasi dan bertumbuh dalam aktivitasnya, akan mampu menjadi ‘problem solver’ ketimbang ‘problem speaker’, lebih berfikir kreatif, lebih percaya diri dalam hidupnya, meningkatkan keahlian pribadi, membuka peluang untuk sukses dalam menghadapi perubahan serta dapat membuat angan-angan menjadi kenyataan. Pembelajaran merupakan sebuah proses bertahap dan bertingkat dalam menyempurnakan keahlian, kesadaran dan potensi diri.

Proses belajar tidak bisa dilakukan sendirian, tapi akan melibatkan banyak orang.

Terdapat empat macam gaya belajar, sebagai berikut :

1.       Penggerak (Doer)

Menyukai pembicaraan singkat, praktis, tidak bertele-tele, langsung pada inti permasalahan. Mereka juga umumnya segera mengetahui umpan balik tentang cara dan hasil kerja mereka.

2.       Pemikir (Thinker)

Suka menyelidiki latar belakang pemikiran suatu tindakan yang akan atau sedang dikerjakan, serta apa tindakan yang akan menyertai atau akan dilakukan nantinya.

3.       Perasa (Feeler)

Sangat memperdulikan orang lain, sehingga untuk setiap tindakan mereka selalu ingin tahu dampaknya terhadap pikiran maupun perasaan orang lain, mereka ingin disenangi dan dihargai.

4.       Penggagas (Intuitor)

Selalu ingin tahu mengapa ? bagi mereka setiap tindakan merupakan bagian dari sesuatu yang lebih besar.

Setiap orang, dengan gaya apapun, membutuhkan waktu dan ruang untuk belajar. Banyak cara untuk belajar dalam hidup ini, antara lain :

1.    Pendidikan

Pelatihan dan pengembangan keahlian pada sebuah lembaga yang disebut pendidikan seperti sekolah.

2.    Pengalaman

Ada pepatah mengatakan, “Guru yang paling berharga adalah pengalaman.” Pengalaman disini bisa didapat dari diri sendiri maupun pengalaman orang lain.

3.    Tanggung Jawab

Cara belajar yang yang dilakukan dengan cara melakukan tanggung jawab dari setiap melakukan tanggung jawab dari setiap peran masing-masing pribadi

4.    Peluang

Sumberdaya dan peluang yang dapat dimanfaatkan dalam setiap aktivitas lingkungan agar dapat mengubah peluang menjadi aktivitas pembelajaran.

Kadang kala sesuatu yang terbaik dikalahkan oleh yang baik. Kebahagiaan tercapai ketika kita menunda apa yang baik pada saat ini untuk mencapai yang terbaik dimasa mendatang. Kita dapat memelihara fokus pembelajaran jika kita ingat untuk tetap berkonsentrasi kemasa depan, dan bukannya mengeluh tentang masa lalu yang seharusnya lebih baik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: