Prinsip Sebagai Pemimpin

Dalam menjadi seorang pemimpin kecil di cabang, sering timbul sebuah pertanyaan dalam diri saya. Apakah saya mampu memimpin seperti ini di cabang lainnya? Apakah saya akan mempunyai power jika saya ditempatkan di cabang lainnya dengan situasi yang baru dan budaya yang baru? Dan pertanyaan-pertanyaan lainnya.

Kadang keraguan itu timbul karena mendengar cerita tentang keadaan pemimpin di tempat lainnya. Hal seperti ini juga pasti timbul dalam setiap diri pemimpin. Setiap cabang, setiap daerah, ataupun setiap budaya seorang pemimpin pasti berhasil dalam kepemimpinannya dengan menjalani prinsip-prinsip dalam memimpin.

Prinsip yang dimaksud adalah sebagai berikut :

–          Kenali diri sendiri

Sebelum mengenal siapa yang akan kita pimpin, kita harus mengenali diri kita sendiri. Dalam pergaulan sehari-hari kita merasakan perbedaan karakter manusia. Perbedaan karakter orang di sekitar kita terkadang sesuai dengan karakter kita.

–          Mengetahui setiap Job Description

Sebagai seorang pemimpin, kita harus tahu  pekerjaan yang dikerjakan Tim kita. Jika bisa memungkinkan kita menjadi ahli agar dapat memecahkan setiap masalah yang ada.

–          Menjadi orang yang bertanggung jawab atas setiap tindakan

Pemimpin yang berhasil selalu bertanggung jawab atas segala tindakan yang diambil. Mengarahkan Tim ke pencapaian yang lebih dari sebelumnya.

–          Mengambil keputusan yang tepat

Tim selalu mengandalkan seorang pemimpin dalam mengambil keputusan. Gunakan pemecahan masalah yang baik, pengambilan keputusan dan segala perencanaan tujuan ke depan.

–          Memberi contoh

Ini adalah elemen yang penting. Jadilah teladan yang baik bagi Tim. Mereka tidak harus mendengar apa yang mereka harapkan, tetapi juga melihat. “We must become the change we want to see – Mahatma Gandhi

–          Kenali setiap Tim

Cara ini tidaklah mudah. Mengahadapi sebuah Tim dengan karakter yang berbeda. Sesuaikan diri kita dengan setiap kepribadian dari Tim. Lain orang, lain kepribadian dan cara menghadapinya.

–          Kembangkan rasa tanggung jawab pada Tim

Jika tadi membuat diri kita menjadi orang yang bertanggung jawab, maka sekarang buatlah Tim kita untuk bertanggung jawab dari setiap pekerjaan yang dihasilkan.

–          Mengontrol

Pastikan bahwa tugas yang ada dalam tim dimengerti, diawasi, dan dicapai. Komunikasi adalah kunci untuk tanggung jawab ini.

–          Gunakan kemampuan sebagai pemimpin

Ketegasan, wibawa, dan citra diri yang positif adalah sosok dari pemimpin. Semua itu diperlukan saat kita memimpin. Dengan begitu akan mengembangkan semangat Tim serta kampuan Tim yang maksimal.

Dengan prinsip seperti diatas, seorang pemimpin tidak perlu ragu dalam menjalankan tugasnya dimanapun. Yakin dengan kemampuan sebagai pemimpin, membuat kita bisa menjalankan tugas memimpin dimanapun.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: