Back Checking 11 Desember 2012

Ini adalah laporan Back Checking yang di tulis di Blog untuk pertama kalinya. Back Checking kali ini mengunjungi outlet di Kidul (dalam bahasa Sunda berarti Selatan, sekarang sudah menjadi Kabupaten Pangandaran) dari Ciamis Selatan, serta spreading (menjual perdana). Selain Back Checking, saya juga melakukan beberapa sosialisasi tentang kenaikan harga jual M-Kios dari Distributor ke RS dan Server.

Rencana ingin berangkat pagi-pagi terhambat karena mobil dinas satu-satunya untuk Ciamis Selatan digunakan untuk mengambil distribusi perdana beberapa hari sebelumnya di Ciamis Utara. Pukul 10.30 saya berangkat menuju Kidul bersama Tim Sales Hunter (Direct Selling). Perjalanan 1 Jam tidak begitu berasa, karena kami semua saling komunikasi. Sesampainya di kantor cabang Pangandaran, Anggi (Tim Spreading) berkoordinasi tempat yang ramai untuk Drop Tim SPG dengan SPV Cabang Pangandaran, Opik. Pasar Pananjung Pangandaran menjadi saran Opik.

Saat Drop Tim Sales Hunter, saya menyampaikan beberapa pesan “Hari ini jumlah Hunter ada 4, karena harga perdana untuk Hunter udah turun, target hari ini harus lebih banyak dari biasanya yha.. Masing-masing 20..” Tim Hunter saya cukup kompak untuk mengatakan “Huu.. Loba Pisan Pak..” “Tapi pulangnya makan udang yah Pak..” sahut Ega sala satu Tim Hunter yang polos. “Kalau target tercapai, kita makan-makan hari ini..” semangat saya kepada mereka. Setelah melakukan “ritual tos” yang biasa kami lakukan setiap pagi, Tim Hunter langsung menyebar.

Lalu saya dengan Anggi menjemput Opik (SPV Cabang Pangandaran). Perjalanan Back Checking pertama adalah Bandung Cell, salah satu server di Kidul.BC11/12/12 Bandung Cell

Disini saya bertemu dengan Pak Julius, operasional dari Server ini. Hal yang dibicarakan disini yaitu mengingatkan target yang diberikan saya mengenai pembelanjaan ke Distributor, info mengenai kesepakatan harga jual ke RS, dan melakukan penjualan perdana. Ada 1 hal yang unik terjadi, ternyata Pak Julius tidak mengetahui kalau saya adalah Ridwan Loekito. Menurut gambaran beliau saya adalah pria yang lebih tua. Beliau bahkan kaget bahwa SPV-nya lebih tua dari saya. Saya berharap dalam hati, mudah-mudahan dari umur yang terbilang muda ini tidak menjadikan kendala dalam memimpin Tim Distribusi di Ciamis Selatan. Di akhir pembicaraan, saya puas karena hasil Spreading ke Bandung Cell masuk dalam kategori banyak, serta Back Cheking untuk poster dan materi cukup Up Date.

Outlet kedua berikutnya adalah Rima Cell.

BC11/12/12 Rima Cell Pangandaran

Saya tidak banyak berbicara dengan Operasional outlet ini. Waktu kami bertiga disini boleh terbilang cukup singkat. Sosialisasi mengenai harga jual dilakukan oleh Opik. Saya cukup puas dengan hasil Spreading yang masuk dalam kategori banyak. Untuk masalah Poster dan Materi Promo saya melihatnya kurang untuk Outlet ini.

Outlet ketiga adalah Alfath Cell

BC11/12/12 Alfath Cell

Di Outlet ini saya tidak bertemu dengan Operasional. Dan kami memutuskan untuk lanjut ke Outlet berikutnya. Untuk masalah Poster dan Materi, dari antara Outlet sebelumnya, ini lah outlet yang lengkap dalam hal materi Telkomselnya.

Outlet Keempat adalah Server Arya Fone

BC11/12/12 Arya Fone

Tak disangka pemilik dari Outlet ini, Kang Arifin ada dan sedang berbicara pemain perdana yang menjual perdana di luar Distributor. Dengan maksud tidak mengganggu saya dipersilahkan untuk bergabung. Tak lama pemain perdana itu melanjutkan perjalanannya, dan saya tetap berbicara dengan Kang Arifin. Pembicaraan mengenai hal yang sama dengan Outlet sebelumnya. Tak disangka 3 Jam waktu berlalu hanya di Outlet ini. Banyak hal yang bisa diambil dari obrolan kami yang di luar pekerjaan. Mengenai perjalanan hidup, cara investasi, asuransi, sampai mengenai gaya kepemimpinan.

Setelah obrolan saya rasa cukup, saya melanjutkan perjalanan ke Kantor Cabang Parigi, dan melakukan Briefing sebentar. Setelah itu saya mengajak seluruh Tim Cabang Pangandaran dan Parigi untuk makan bersama dalam rangka Ulang Tahun Telesim Ciamis Selatan pertama, serta dalam rangka hari Ulang Tahun saya sendiri beberapa hari lalu.

Beberapa saat sebelum ini, saya dengan Pak Iyon, selaku PIC Cluster dari Telkomsel diajak ke satu tempat makan yang menyediakan Ikan Pindang Gunung di Pangandaran. Sayangnya tempat makan itu sudah tutup saat kami kunjungi. Dari situ saya menjadi penasaran, dan mengajak Tim Pangandaran, Parigi, Hunter dan Spreading untuk makan di tempat itu.

Untungnya Ibu pemilik bersiap untuk kembali memasak menu Ikan Pindang Gunung. Karena saat kami semua kesana, Menu tersebut tidak tersedia dalam jumlah yang banyak. Setelah kumpul semua kami mengabadikan dalam sebuah foto.

Ikan Pindang Gunung

Setelah meberikan ucapan Syukur atas setahun Telesim Ciamis Selatan serta saya diberikan kesempatan untuk memimpin selama ini dan memberikan pujian kepada Tim Hunter yang melebihi target jualnya, kami menikmati makanan ini. Ikan Pindang Gunung yang membuat penasaran ini ternyata memang benar enak. Kuahnya gurih, rasa pedasnya yang menggelitik lidah, membuat rasa lapar saya benar-benar tertupi. Kebetulan hari ini saya lalui dengan sarapan 3 potong roti saja.

Ada cerita lucu disini, saya tidak memberikan pilihan menu seluruh Tim. Karena saya yakin didaerah pantai seperti Pangandaran ini pasti semuanya suka dengan makan ikan. Ternyata Farid, salah satu Sales Force Pangandaran tidak menyukai ikan, dan dia hanya diam saja. Menyimpannya sendiri, seolah malu. Dia hanya makan dengan lalapan Terong Bulat. Untungnya ada yang menyadari kalau dia hanya menikmati nasi dengan Terong Bulat. Saya tertawa dan memberikan kesempatan Farid memilih menu yang lain.

Note : Ada beberapa istilah yang susah dipahami secara umum dalam cerita saya diatas seperti RS, Pemain Perdana, dan lainnya. Laporan obrolan saya dengan beberapa Outlet diatas memang sengaja tidak dipublikasi secara detail demi menjaga hubungan kerja. Laporan ini dibuat sekedar Catatan Perjalanan, tidak ada maksud lainnya. Jika ada pihak yang mengalami keberatan dengan tulisan ini, saya siap untuk menghilangkan unsur materi cerita yang dimaksud.