HIRSUTISME

Obat Penyembuhan Aplastic AnemiaOleh : B. Anggono

Untuk seorang remaja putri, usia 16 tahun merupakan saat-saat ceria penuh kenangan.

Tidak demikian dengan Nana yang terserang Hirsutisme (pertumbuhan rambut berlebih pada kaum wanita) setelah menjalani pengobatan Aplastic Anemia yang dideritanya, remaja ini melewati hari-harinya dengan mengurung diri dalam kamar.

Akibat Berlebih Hormon Androgen

Menatap kosong kearah kamera, gadis Chinese ini memperlihatkan wajahnya yang dipenuhi janggut dan kumis lebat. ‘Dokter yang merawat mengatakan bahwa penyakit Aplastic Anemia Nana sangat parah dan tanpa pengobatan, Nana akan meninggal’, ucap ibunya pada kantor berita Xinhua. Akibat Aplastic Anemia yang dideritanya pada tahun 2010, sumsum tulang Nana tidak mampu memproduksi cukup sel darah. Dibawah pengobatan dokter disebuah rumah sakit, kesehatan Nana membaik namun pada saat bersamaan timbul kelainan pada fisiknya. Wajah, lengan dan kaki gadis ini mulai ditumbuhi rambut.

Menurut pakar University of Maryland dan Mayo Clinic ada beberapa pilihan pengobatan untuk penderita Hirsutisme, salah satunya adalah tidak perlu merasa malu dengan kondisi ini. Diperkirakan ada delapan persen wanita di Amerika Serikat dengan kondisi Hirsutisme, setengah diantaranya akibat berlebihnya hormon androgen dalam tubuh mereka, faktor keturunan dan etnik.

Menjadi Pendiam

Nana yang dahulu ceria kini menjadi pendiam, berhenti sekolah tahun 2010 karena malu, kini melewati hari-harinya dengan menangis dan mengurung diri dalam kamarnya.


																										

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: