Never Say Maybe

Never Say Maybe

Sewaktu saya pulang ke Jakarta beberapa waktu ini saya menemukan hal yang menarik di baliho iklan dari salah satu produk rokok. “Never Say Maybe” yang artinya tidak pernah mengatakan mungkin.

Saya menjadi teringat akan ke”bawel”an kepada team saya di Ciamis. Beberapa kali saya harus menegur karena sering kali kata “mungkin” yang diucap dalam bahasa sunda (meuren, sugan teh, asa na mah) terlontar dari Team saya.

Di dalam setiap pekerjaan yang penuh dengan tanggung jawab, haruslah berusaha menghindari kata “mungkin” yang selalu terlintas di dalam hati. Kata-kata ini sering terlintas saat sedang menghadapi ketidak-jelasan dalam pekerjaan. Lalu dengan perasaan seperti itu kita berusaha mengambil keputusan sendiri tanpa berusaha untuk mencari ketidak-jelasan itu.

Ada 2 kemungkinan yang terjadi, kita mengambil keputusan berikut dengan tepat atau mengambil keputusan sebaliknya. Ketidak-jelasan ini tidak bisa diselesaikan dengan kata “mungkin”, Ketidak-jelasan ini hanya bisa diselesaikan dengan bertanya, mencari tahu agar bisa menjadi lebih jelas, bukan degan mengira-ngira.

Satu hal yang dapat kita pelajari dari seorang anak kecil, yaitu mereka gemar bertanya. Pertanyaan seorang anak kecil yang polos sering kali membuat kita tidak mampu memberi jawaban. Pertanyaan yang sederhana sering kali membuat kita membisu seribu bahasa. Seperti halnya dengan anak kecil, kemampuan bertanya perlu dimiliki setiap orang agar dapat menerangkan ketidak-jelasan dan dapat mengeluarkan kreativitas serta inspirasi dalam pekerjaan.

Tinggalkan kata “mungkin” sekarang..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: