Together Everyone Achives More

Pada suatu hari sebuah mobil terperosok di sebuah jalan perdesaan. Makin digas oleh si pengemudi, mobil tersebut makin terbenam di lumpur. Sambil menunggu pasrah, si pengemudi melihat seorang petani tua dan seekor keledai tua berjalan ke arahnya. Ia bertanya, “Pak, Apakah ada orang yang mampu mengeluarkan mobil saya dari lumpur?” Sang petani berkata, ” Si Hitam ini pasti dapat menarik mobil Anda keluar dari lumpur.” Dengan tampang tak percaya anak muda itu berkata, “Apakah Bapak yakin si Hitam ini mampu?” (dengan tatapan pasrah dan tidak percaya). “Saya yakin,” sahut petani tua itu.

Setelah mengikat tali ke tubuh si keledai sang petani berteriak, “Ayo tarik Abu! Ayo Tarik Putih! Ayo tarik Cokelat! Ayo tarik Hitam!” Si hitam pun mengeluarkan seluruh kekuatannnya dan berhasil menarik keluar mobil itu. Anak muda itu tercengang dan berterima kasih kepada si petani dan keledainya, namun kemudian ia bertanya, “Mengapa Anda memanggil beberapa nama sebelum memanggil si Hitam?” Sang petani tersenyum dan berkata, “Si Hitam sudah tua dan mulai rabun, selama ia merasa ada keledai keledai lain yang juga ikut menarik dalam satu team, ia yakin dan bersemangat untuk menarik apa saja.”

Ada beberapa hal yang dapat disimpulkan dalam cerita ini. Yang pertama kekuatan satu team pasti akan melebihi dari satu kekuatan individu dan hal yang terpenting bahwa keyakinan bekerja dalam satu team yang solid dapat mencapai hasil yang terbaik.

Saya teringat ketika saya masih SMA. Saat itu saya tergabung dalam Team Paskibra Sekolah, awal dimana saya merasakan bagaimana Team Work menghasilkan sebuah kemenangan. Kami pertama kali mengikuti lomba Formasi yang diadakan Paskibraka DKI Jakarta. Lawanpun banyak dari sekolah-sekolah yang memang selalu juara dalam lomba Formasi tersebut. Kami latihan, dibina, dibentak oleh senior. Banyak yang hampir mengundurkan diri karena latihan yang keras ini. Tapi kami saling menguatkan satu sama lain, motivasi, dan keyakinan.

Formasi yang kami buat adalah formasi andalan dari sekolah kami, Kicir-Kicir. Formasi dimana kami membentuk barisan yang bisa berputar seperti kicir-kicir. Di formasi ini benar-benar dituntut bagaimana kita bisa saling bekerja sama satu sama lain. Danton, poros, dan semua posisi mempunyai peran yang penting.

Setelah latihan intensif yang kami jalani, kami semakin percaya diri. Akhirnya perlombaan itu kami jalani dan kami menjadi Runner UP. Kalah..? Saya rasa tidak. Untuk pengalaman Team kami yang pertama, itu adalah sebuah pencapaian yang tak terduga. Bagi saya pribadi, disitu awal saya ketagihan bekerja dalam Team, berorganisasi, dan sampai sekarang saya di Ciamis saya selalu berusaha membentuk suasana kerja dalam sebuah Team yang Solid..

Teamwork is the ability to work together toward a common vision. It is the fuel that allows common people to attain uncommon results. (Andrew Carnegie)

(Link Video Latihan Paskibra SMAK Ricci)

One thought on “Together Everyone Achives More

Leave a Reply

