Sharing Your Knowledge

Sweetcorn jagung

Seorang wartawan mewawancarai seorang petani untuk mengetahui rahasia sukses di balik buah jagungnya yang salama bertahun-tahun selalu berhasil memenangkan kontes perlomban hasil pertanian. Ketika ditanya rahasianya, sang petani termenung lama karena tidak terpikirkan sedikit pun hal unik yang dilakukannya. Ia bahkan selalu membagi-bagikan bibit terbaik jagungnya kepada tetangga-tetangga di sekitar perkebunannya. Sang wartawan sedikit aneh dengan cara kerja petani itu dan menanyakan, “Mengapa anda membagi-bagikan bibit jagung terbaik itu kepada tetangga-tetangga anda? Bukankah mereka mengikuti kontes ini juga setiap tahunnya?” Sang petani kemudian menjawab, “Angin menebarkan serbuk sari dari bunga-bunga di kebun dan menyebarkannya dari satu ladang ke ladang yang lain. Jika tanaman jagung tetangga saya buruk maka serbuk sari yang ditebarkan ke ladang saya juga akan buruk. Ini tentu menurunkan kualitas jagung saya. Kalau saya ingin mendapatkan hasil jagung yang terbaik, saya harus menolong para tetangga saya untuk mendapatkan jagung yang terbaik pula.” Demikian halnya dengan hidup tentang pemikiran tentang memberi dan menerima.

Sejak saya bekerja di salah satu perusahaan komputer yang mengharuskan saya membuat sebuah laporan keuangan secara manual (tanpa program akuntansi, dan hanya memakai excel), saya secara tidak langsung berusaha untuk belajar lebih dalam tentang excel. Internet adalah pilihan saya untuk belajar dengan cepat, dan lebih dalam tentang semua hal yang berhubungan dengan Akuntansi by excel. Dari situ boleh dibilang saya jadi cukup dalam untuk memahami rumus-rumus (formula) yang ada dalam excel.

Sekarang saya bekerja di Distributor Telkomsel sebagai penanggung jawab tentang pola distribusi produk di Ciamis. Notabene awalnya saya sudah tidak terlalu membutuhkan formula dalam Akuntansi, tapi ternyata banyak sekali data yang perlu diolah dengan excel. Saat awal hampir semua data saya yang harus mengolah sendiri. Saya merasa hal ini cukup menyita waktu saya, dan saya seharusnya bisa lebih maksimal lagi mengerjakan lainnya. Hampir semua team saya disini tidak begitu mahir dalam penggunaan excel. Saya memutuskan untuk mencoba mengajarkan teman saya. Mulai dari hal sederhana sampai yang cukup dalam.

Penggunaan formula yang ada di excel memang boleh dibilang cukup mudah saat kita menemukan kasus yang sama. Tetapi jika kita menghadapi sebuah data yang baru, kita harus pandai menggunakan pengetahuan kita tentang formula, agar bisa di aplikasikan ke data yang akan diolah. Hal itu yang saya tekankan kepada teman saya.

Hasilnya sekarang teman saya ini sudah sangat piawai dalam mengolah data. Pekerjaan saya sangat terbantu dengan kepiawaian yang dia punya. Saat saya mengajarkan satu hal, dia bisa menjabarkan hal lainnya yang bahkan saya tidak lebih paham. Saya bangga sama kemampuan dia yang berkembang cepat dan sangat membatu saya dalam mengambil keputusan. Seandainya saya tidak mau berbagi, saya akan mengolah sendiri dan sangat tidak membantu saya dalam pekerjaan lainnya.

Ini adalah sebuah bukti, mereka yang ingin meraih keberhasilan harus menolong orang lain menjadi berhasil pula. Nilai dari hidup kita diukur dari kehidupan-kehidupan yang kita sentuh. Bagaimanapun, jika kita selalu berpikiran negatif dan tidak mempedulikan orang lain maka hal negtif pun yang akan berbalik kedalam kehidupan kita.

Mulailah hari ini dengan jeli melihat orang-orang yang membutuhkan bantuan kita. Tanamkan dalam hati “Makin banyak saya memberi, makin banyak pula saya akan menerima. Jika saya memberi hal-hal yang positif, hal-hal positif pula akan berbalik kepada saya”. Dengan memberi kita menerima.

Leave a Reply

