Bahaya Tidak Kenal Diri Sendiri

Mita

Belum lama ini ada berita, seorang wanita muda yang berprofesi sebagai Copywriter di salah satu industri kreatif meninggal. Penyebabnya meninggal karena kadar gula dalam darahnya terlalu tinggi.

Kerjaan yang dikejar deadline membuat dia harus berusaha menyelesaikan dalam waktu yang cepat. Bergadang kurang lebih sebanyak 30 jam, serta banyak sekali konsumsi minuman berenergi menjadi pilihannya.

Berbagai situs media sosial membicarakan kasus ini. Banyak juga yang mulai memberikan komentar penyebab meninggalnya. Hampir semua orang berpendapat bahwa beliau meninggal dikarenakan bergadang. Ada juga yang berpendapat minuman berenergi itu yang menyebabkannya.

Saya berusaha melihat dari sudut pandang yang berbeda. Kebetulan saya sendiri suka bergadang saat pekerjaan dikejar deadline, dan saya sendiri suka mengkonsumsi minuman berenergi saat menyetir dinas ke luar kota.

Tidak mengenal diri sendiri mungkin yang sebenarnya membuat beliau meninggal. Pendapat saya terlihat sembarangan, tapi itu yang akan terjadi, jika seseorang tidak dapat mengukur kemampuan dalam dirinya.

Saya memang bukan dari industri kreatif, tapi (sekedar masukan) ada beberapa saran yang bisa saya sampaikan ke teman-teman mengalami hal serupa :

Mengukur Kapasitas Kerja

Maksudnya disini adalah kita harus bisa mengukur kemampuan dalam menerima job dari klien, terkejar atau tidak. Kita harus bisa mengatakan tidak (menolak) job. Uang untuk hidup, bukan hidup untuk uang.

Bentuk Super Team

Jika kita sebagai pekerja dan menerima tugas dari atasan, berusahalah bekerja dengan Smart Work not Hard Work. Maksudnya disini adalah jika memang kita punya staff, bebankan masing-masing pekerjaan kepada staff dengan bobot yang terbagi rata. Jika kita tidak punya staff, bentuklah staff eksternal untuk membantu kita, korbankan uang sedikit, bukan jiwa yang dikorbankan.

2 Hal ini yang selalu saya lakukan jika memang pekerjaan saya dikejar deadline.

Mudah-mudahan kita bisa belajar dari kasus yang dialami beliau.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: